Get Traffic

close
PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

Tuesday 2 August 2016

PERBEDAAN VGA QUADRO VS GEFORCE

Sering dapet pertanyaan:
Saya ingin membeli PC Workstation untuk kebutuhan software graphic designer 3D (AutoCad, 3ds MAX, rendering task), atau juga untuk aplikasi Geospatial spesifikasi PC apa yang cocok?
Apakah VGA Mainstream sekelas GTX550 1GB DDR5 192bit atau bahkan di atasnya bisa digunakan untuk kebutuhan di atas?
Mengapa VGA Quadro (berikut disebut Quadro) harganya jauh lebih mahal, sedangkan jika dilihat spesifikasinya jauh lebih rendah dibandingkan dengan VGA Mainstream (berikut disebut GeForce)?

Beda banget pemilihan VGA untuk Gaming dan Workstation (Toys vs Tools)
Secara gambaran sederhana... VGA Gaming mostly digunakan untuk READ sedangkan VGA Workstation untuk WRITE

Pegguna PC Workstation ini menginginkan harapan yang tinggi akan sistem hardware. PC ini digunakan sebagai tools bukan toys. Mereka perlu bekerja dengan PC ini. Tugas utamanya adalah untuk mendesain, membuat gambar serta mendemonstasikan hasil kerja dengan performa baik. Waktu sangat berharga, jadi hal-hal seperti CRASH, BUGS ataupun DELAY dalam kerja harus ditiadakan.

Quadro vs GeForce, ada perbedaan amat mendasar yang dimiliki oleh Quadro namun tak dimiliki oleh GeForce
Anti-aliased points and lines untuk wire frame display
OpenGL logic operations - penting untuk proses rendering pada aplikasi CAD atau 3Ds Max
Kecepatan Quadro hingga delapan (8x) clip regions (GeForce hanya support 1x saja)
Hardware accelerated clip planes
Optimalisasi pada penggunaan Memory unutk multiple graphics windows
Support for two-sided lightning
Hardware Overlay Panes
Support for quad-buffered stereo for shutter glasses

Last but not least, Quadro compatible dengan aplikasi yang umumnya digunakan seperti Alias, Adobe, Autodesk, Avid, Bentley, Dassault, Discreet, Multigen-Paradigm, Newtek, Nothing Real, Parametric Technology Corp. (PTC), SDRC, Softimage, SolidEdge, SolidWorks, and Unigraphic dan memberikan jaminan bahwa tiap aplikasi bisa berjalan dengan sempurna.

Quadro memang bagus untuk rendering, tapi mungkin rendering frame rate di viewport...misal kita ngegerakin objek2 yg dibuat dalam di 3dsmax/maya(3d design program yg lain) menjadi lebih ringan...biasanya quadro itu digunakan untuk membuat simulasi gerakan di viewport di satu scene, jadi bisa jadi dalam 1 scene tersebut banyak polygon dan ada benda yg harus digerakan bersama2...disitulah quadro berperan. Atau quadro juga berperan waktu kita mensimulasi particle di scene untuk menghasilkan effetc api,atau asap tapi klo yg dimaksud untuk rendering output()jpeg, png, tiff) quadro tidak bisa berperan tinggi..karena biasanya CUDA core nya sedikit.
Untuk rendering output lebih baik pake GTX yg CUDA corenya banyak yg bekerja sama dengan CPU untuk render output. Mungkin lebih baik menggunakan GTX daripada quadro yg mahal, klo scene kita masih sederhana(dihitung dari jumlah polygon, vertex, edge)

No comments:

Post a Comment